Kamis, 24 Maret 2011

Lingkungan.. Tugas TIK

Selamat datang pak ismail.... saya bisa buat blog pak, akhirnya...

Serperti yang saya wikipedia tau, Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Yak, itu yang saya barusan cari di wikipedia.....


Lingkungan, di Indonesia sering juga disebut "lingkungan hidup". Misalnya dalam Undang-Undang no. 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Yang sering kita baca di buku PKLH buatan pak Ramelan dan kawan2, dijelaskan... Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia, dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.


Contoh lingkungan, adalah, tempat disekitar kita beserta isinya. Seperti kamar saya yang berisi komputer dimana saya lagi ngetik dan dihuni adek dan kecoak ini.... Dalam penjelasannya, adek dan kecoak termasuk biotik, ato disebut maklhuk hidup.. sedangkan komputer disebut abiotik, benda mati. Dan saya sendiri disebut maklhuk Tuhan karena diciptakan Tuhan


Tetapi jika dilihat, lingkungan kita sekarang makin parah, adanya polusi udara baik dari kendaraan, pabrik, matahari semakin panas, sampah bertebaran dimana2, penebangan hutan secara liar, pemanasan global, adek yang lagi ngupil disamping komputer, JANGAN DITEMPELIN KE MOUSE, DEKKK!!!!


Siapa yang bertanggung jawab menjaga lingkungan, tentu kita *plokplokplok*


Seperti apa caranya?

- Beli produk yang tidak memerlukan banyak energi dan sumber daya untuk manufaktur. Mencari produk yang ramah lingkungan berisi kemasan.
- Mengurangi penggunaan mobil dengan naik sepeda, carpooling dengan teman-teman, jalan kaki, atau dengan bus.
- Composting merupakan cara untuk membuang sampah dapur. Itu sehat untuk tanah dan sedikit sampah yang akan masuk ke lokasi penimbunan. Kalo disekolah ada tempat pengolahan kompos sendiri, kompos toyo (kompos daun) dan kompos koji (yang berasal dari sisa makanan)
- Matikan lampu yang tidak digunakan dan menggunakan lampu hemat energi bulbs.
- Menonaktifkan Keran Air bila Anda penyikatan gigi.
- Gunakan tas kain grocery, bukan kantong plastik. Mereka dapat digunakan berulang kali.
- Logam kaleng dan plastik kontainer dapat digunakan untuk menyimpan item.
- Donasikan pakaian lama anda, mebel, dan mainan untuk amal, atau berikan kepada tetangga, teman yang membutuhkan



Mungkin itu yang saya tau tentang lingkungan, dan saya mulai belajar menghemat listrik, menggunakan peralatan elektronik untuk hal yang penting saya, sudah saatnya komputer saya istirahat, hehee....

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat berkomentar..